Kamis, 11 April 2013

Honda CB 100

Siapa yang tak kenal dengan motor HONDA CB di Indonesia. Seperti kita ketahui bahwa kendaraan roda dua Honda yang paling populer di Indonesia dijamannya adalah tipe CB yang pertama kali diperkenalkan di Indonesia tahun 1971,dengan kode K1 yang diproduksi  PT Federal Motor. Dimana perusahaan tersebut berdiri pada tanggal 11 Juni 1971. Sebelum Honda mengeluarkan tipe CB, sepeda motor yang pertama kali di produksi AHM adalah HONDA S 90 Z bermesin 4 tak dengan kapasitas 90cc. PT. Federal Motor pada saat itu hanya merakit saja, Dikarena pada  PT Federal Motor masih mengimpor komponennya dari Jepang dalam bentuk CKD (completely knock down).
Kebijakan peraturan pemerintah ketika itu dalam perihal lokalisasi komponen otomotif mendorong PT Federal Motor untuk memproduksi berbagai komponen sepeda motor di dalam negeri melalui beberapa anak perusahaan, diantaranya;

- PT Honda Federal (1974) memproduksi komponen-komponen dasar sepeda motor Honda seperti rangka, roda, knalpot dsb.
 
- PT Showa Manufacturing Indonesia (1979) khusus memproduksi peredam kejut (shock absorber)
 
- PT Honda Astra Engine Manufacturing (1984) produsen mesin sepeda motor - PT Federal Izumi Manufacturing (1990) produsen piston

Pada tahun 2000 PT Federal Motor dan anak-anak perusahaan di “merger” menjadi satu dengan nama PT Astra Honda Motor, dengan komposisi saham 50% PT Astra International Tbk dan 50% Honda Motor Co. Japan.

Saat ini AHM memiliki 3 fasilitas pabrik perakitan ;
- Pabrik pertama berlokasi Sunter, Jakarta Utara yang berfungsi sebagai kantor pusat.
- Pabrik kedua berlokasi di Pegangsaan Dua, Kelapa Gading.
- Pabrik ketiga sekaligus pabrik paling mutakhir berlokasi di kawasan MM 2100 Cikarang Barat, Bekasi. Pabrik ini merupakan fasilitas pabrik perakitan terbaru yang mulai beroperasi sejak tahun 2005.
Ada banyak tipe CB yang dikeluarkan Honda tetapi tidak semua tipe tersedia di tiap negara. Di Indonesia, jenis CB yang diintroduksi adalah CB 100cc, 125 cc, 175 cc, dan 200 cc. Tiga tipe terakhir tersedia pula dalama pilihan mesindengan silinder ganda, namun di Indonesia CB100 dan CB 125 mesin tunggal lebih populer karena harganya yang murah, perawatannya mudah, dan fleksibel untuk memodifikasinya. Honda CB 100 K1 masuk Indonesia tahun 1971, sedangkan Honda CB 100 K2 masuk Indonesia tahun 1972.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar